Welcome

30 April 2012

Belajar Psikologi Yuk


Bermula dari sebuah iseng-iseng masuk jurusan psikologi hingga benar-benar menyukai. Ternyata belajar psikologi itu sangat mengasikkan, apalagi sekarang mulai diperkenalkan yang namanya alat tes psikologi. Meski alat tes yang ada di kampusku masih belum memadai dan itupun ada yang hilang, tapi sedikitpun tidak mengurangi rasa ingin tahu saya lebih dalam tentang alat tes psikologi dan bagaimana cara menggunakannya. Alat tes psikologi yang sudah saya pelajari yaitu tes BINET, WISC dan WAIS. 

Untuk yang pertama kalinnya  saya membahas ranah psikologi,,jadi di maklumin saja.
Oke...tes pertama yang akan saya bahas yaitu Tes BINET. 

TES BINET
STANDFORD BINET  atau sering dikenal dengan tes Binet. Tes Binet ini adalah salah satu alat tes yang dikembangkan oleh STANDFORD BINET , dimana alat tes ini digunakan untuk mengukur intelegensi anak anak yang memiliki kebutuhan khusus (ABK) dengan berbagai level usia, yaitu mulai usia II samapai usia dewasa superior. Diantaranya usia II sampai V tesnya meningkat dengan nterval setengah tahunan  sehingga terdapat tes untuk usia II, usia II-6, Usia III, Usia III-6 dan seterusnya. Diantara usia V sampai dengan XIV level usia  meningkat dengan interval 1 tahuanan. Level-level  selanjutnya dinmaksudkan  sebagai level dewasa rata-rata dan level dewasa superior I, II, III. Setiap level usia dalam skala ini berisi 6 tes, kecuali untuk level dewasa rata-rata yang berisi 8 tes.


Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum testee, diantaranya adalah :
1.      Mengitung CA (Choronological Age) atau usia kronologi
2.       Menghitung MA (Mental Age) atau usia mental
3.      IQ 

Selain itu juga kita harus mengetahui prinsip umum untuk melaksanakan test, diantaranya :
1.      CA atau usia kronologi
2.      ENTRY (mundur satu tahap)
3.      BASAL, kondisi dimana testee mampu menjawab semua persoalan dalam satu tahapan usia.
4.      CELLING, Kondisi dimana testee  tidak mampu menjawab semua persoalan dalam satu tahapan usia. 

Oh iya,,, hampir saja lupa. Prinsip skoring dalam tes binet adalah bulan. Jadi setiap penghitungan tahun harus dijadikan bulan dulu baru di jumlahkan. 

Cara menghitung CA :
CA adalah usia testee saat melakukan test. Simpelnya seperti ini CA didaptkan dari penghitungan Usia mulai dari tanggal lahir sampai dengan tangal pelaksanaan test.
CA digunakan sebagai patokan entry tahapan usia, dimana persolan yang diberikan mundur ke satu tahapan usia testee yang sebenarnya. 

Contoh :
Tanggal tes            : 27 Maret 2010
Tanggal lahir         : 10 Januari 2004 

Maka CA testee  adalah 6 tahun 2 bulan 17 hari atau 6 tahn 3 bulan, diperoleh dari penghitungan diatas. 

Cara menghitung MA atau usia mental
MA disini adalah dimana testee  berada pada level kemampuan usia mental tertentu.  MMA didapatkan dari penjumlahan skor setelah basal sampai dengan sebelum celling.
 Cara meghitung IQ :
IQ didapatkan dengan rumus sebagai berikut  

Sebagai contoh skoring binet dibawah ini.
Nama               : A
Tgl lahir           : 11 Desember 1999
Tgl tes             : 8 mei 2004
Maka CA = 4 tahun 5 bulan. Seperti halnya yang saya bahas diatas kalau CA itu diperoleh dari pelaksanaan tes dikurangi tanggal lahir, jadi 8 mei 2004 – 11 desember 1999 = 4 tahun 4 27 hari. Karena 27 hari bisa d bulatkan menjadi 1 bulan maka jadinya 4 tahun 5 bulan.
Upz...ada yang lupa untuk istilah peminjaman bulanan itu dinetralkan menjadi 30 hari berhubung tiap bulan itu kan ada yang 30, 31 hari, bahkan ada yang 29 hari.
Tahun
NO soal
keterangan
1
2
3
4
5
6
IV
+
+
+
+
+
+
Basal
IV.6
+
-
-
+
+
-
3
V
+
+
+
+
-
-
8
VI
-
-
-
-
+
+
4
VII
-
-
+
+
-
-
4
VIII
-
-
-
+
-

2
IX
-
-
-
-
-
-
Celling
total
21 bulan
MA
69
CA
53
IQ
130

Penyelesaian :
MA = usia basal + total
12 x 4 + 21 = 69
CA =  4 tahun 5 bulan = (12 x 4) + 5 =53
 =  = 130




Keterangan :
plus (+) , berarti terjawab pertanyaannya dan yang mins (-) itu tidak terjawab / salah.
Oya juga...ketelitian juga harus diperhatikan dalam pengerjaan soal diatas,, karena apabila kita tidak teliti menhitung CA nya bisa – bisa hasil yang diperoleh tidak valid. Seperti halnya saya kemarin pas UTS tidak teliti dalam mengerjakannya hingga salah menghitung CA nya. Kelihatannya tidak cukup sulit untuk mengerjakanya tapi kalau kita tidak teliti dalam mengerjakannya dan terburu- buru bisa salah juga. Tapi penghitungan CA saya yang salah bukan di test BINET nya tapi salah di test WAIS nya. Dan satu lagi saya tidak mencantumkan norma ntuk penghitungan tabel diatas, karena saya sendiri tidak memilikinya dan hanya diberikan ketika akan mengerjakan soal tersebut, itupun hanya sekali lihat saja.
tapi tenang saja saya akan memberikan trik yang paling gampang  untuk mengetahui nilai total tiap tahapan usia karena saya sudah hafal (bukan hafal sih sebenarnya Cuma saya punya trik tersendiri untuk mengingat hal itu) untuk norma tes BINET (sombong dikit,,
J ). Welll...untuk usia tahapan dibawah 5 tahun maka akan dikalikan satu untuk soal yang terjawab (lihat pada tabel dia atas), dan apabila tahapan usianya diatas 5 tahun maka akan dikalikan dua untuk yang terjawab.
 Oke,,,terima kasih semoga bermanfaat. J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.