Welcome

13 Mei 2012

Kesehatan Mental

Berbicara masalah kesehatan mental saya jadi teringat sama dosen saya, beliau berkata orang-orang yang sering galau itu adalah orang-orang yang mentalnya tidak sehat.
kenapa dosen saya mengatakan hal itu karena menurutnya mental yang sehat itu adalah dimana seseorang yang merasa dirinya nyaman dan bisa membuat lingkungannya juga merasa nyaman.
banyak fenomena-fenomena di luar yang update status galau (bahkan saya sendiri,,he he he) baik di facebook ataupun twitter, dan bahkan juga di kehidupan kita sebagai contoh seseorang yang lagi putus cinta sampai-sampai tidak makan sesuap nasipun selama berhari-hari, yang lebih parah lagi sampai merasa dirinya tidak punya harapan lagi untuk menjalani hidup.
secara tidak langsung respon yang ditimbulkannya terlalu berlebihan sehingga tidak mampu beradaptasi dengan dirinya sendiri dan juga tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada lingkungannya. karena apabila kita bisa merespon hal yang menyenangkan dengan sangat berlebihan, kenapa juga kita tidak bisa merespon hal yang sifatnya galau dengan begitu pula. apabila kita mampu berasaptasi dengan diri sendiri dan perubahan lingkungan maka kita akan merespon kedua-duanya dengan baik pula. oleh sebab itu kesehatan mental diartikan dengan dimana individu mampu beradaptasi dengan dirinya sendiri.
nah,,dekarang permasalahannya, apakah mental kita sehat?
pertanyaan itulah yang menjadi tanya dalam diri saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.